ASPEK BAHASA DAN PENERAPANYA
DAN MENERAPKAN KETRAMPILAN
BERBAHASA
Amalia Ayu R D0316041
Berlian Nicken Prawesti D0316048
Lozi Nuradi D0316015
Muhamad Ihwanul D0316037
Muhamad Rosyid Syafii D0316004
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN
SURAKARTA
2016
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
Dengan menyebut
nama Allah SWT yang maha pengasih dan maha penyayang. Kami panjatkan puja dan
puji syukur atas kehadirat-Nya,yang telah melimpahkan rahmat,hidayah,dan
inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul Aspek
Bahasa dan Penerapanya dan Menerapkan Ketrampilan Berbahasa tepat pada
waktunya.
Makalah ini kami
susun dengan maksimal dan mendapat bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat
memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima
kasih kepada Dosen mata kuliah Bahasa Indonesia dan
teman-teman yang telah mendukung dan
berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari
semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi
susunan kalimat maupun tata bahasanya.Oleh karena itu dengan tangan terbuka
kami menerima segala saran dan kritik yang membangun,
yang sangat diharapkan demi memperbaiki pembuatan makalah di kemudian hari.
Daftar Isi
HALAMAN
JUDUL
........................................................................................................
1
DAFTAR
ISI......................................................................................................................
2
BAB
I
PENDAHULUAN..................................................................................................
3
Latar Belakang.......................................................................................................
4
BAB
II
PEMBAHASAN....................................................................................................
5
Pembahasan............................................................................................................
6
a.
Aspek
Bahasa dan Penerapanya.....................................................................
7
b.
Menerapkan
Ketrampilan Berbahasa............................................................
8
BAB
III
PENUTUP............................................................................................................
9
Kesimpulan.............................................................................................................
10
Saran.......................................................................................................................
11
Daftar
Pustaka...................................................................................................................
12
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Disini kita akan
membahas Aspek Bahasa dan Menerapkan Ketrampilan Berbahasa. Karena
bahasa sebagai endapan pergaulan secara berpikir dengan benda-benda yang
diobjektifkan dan disementir. Adapaun faktor yang mempengaruhinya.
Dalam
kehidupan sehari-hari kita diharuskan untuk mampu berkomunikasi dengan
orang-orang disekitar kita. maka dari itu kita diharuskan untuk memiliki
kemampuan berbahasa yang baik dan benar. salah satu yang paling efektif untuk digunakan adalah berbicara.
BAB II
PEMBAHASAN
ASPEK
BAHASA DAN MENERAPKAN KETRAMPILAN BERBAHASA
v ASPEK BAHASA
a. Pengertian
Aspek Bahasa
Bahasa itu dapat dikatakan sebagai endapan pergaulan
secara berpikir degan benda-benda yang diobjektifkan dan disementir. Bahasa
adalah mengartikan arti-arti pada anak normal, bahasa munculkira-kira bersamaan
dengan bentuk penalaran semiotik lainnya. dan lain pihak, pada orang tuli,
bisu, bahasa tutur tidak mucul dengan baik sesudah imitsal tertunda, permainan
simbolik dan citra mental.
Faktor-faktkor yang mempengaruhi perkembangan bahasa
pada anak:
v Umur
Anak
v Kondisi
Lingkungan
v Kecerdasan
Anak
v Status
Sosial Ekonomi Keluarga
b. Gangguan
Perkembangan Bahasa
adalah ketidakmampuan untuk berkomunikasi secara
verbal atau keterlambatan kemampuan perkembangan bicara dan bahasa sesuai
kelompok umur, jenis kelamin, adat istiadat, dan kecerdasan.
c. Tahapan
Perkembangan Bahasa
v Reflesive
Vocalitizition
v Babling
v Lalling
v Echolaila
v True
Speech
d. Ciri-ciri
Perkembangan Bahasa
v Sebutan
dari orang tua
v Sebutan
yang digunakan para pendidik
v Sebutan
yang dipakai oleh ahli psikolog
MENERAPKAN
KETRAMPILAN BERBAHASA
Dalam kehidupan sehari-hari kita diharuskan untuk
mampu berkomunikasi dengan orang-orang disekitar kita. maka dari itu kita
diharuskan untuk memiliki kemampuan berbahasa yang baik dan benar. salah satu
yang paling efektif untuk digunakan
adalah berbicara. dengan berbicara, orang akan lebih mudah berkomunikasi dan
mengutarakan keinginan.
komunikasi merupakan akibatyang lebih jauh dari
ekspresi diri. dengan komunikasi pula merupakan saluran perumusan maksud kita.
penerapan
bahasa Indonesia sejak dini harus mulai ditanamkn pada diri siswa agar
tercipta generasi masadepan yang berjiwa NASIONALISME dan CINTA TANAH AIR.
BAB
III
PENUTUPAN
A.
Kesimpulan
Bahasa itu dapat dikatakan sebagai endapan pergaulan
secara berpikir degan benda-benda yang diobjektifkan dan disementir. Bahasa
adalah mengartikan arti-arti pada anak normal, bahasa munculkira-kira bersamaan
dengan bentuk penalaran semiotik lainnya. dan lain pihak, pada orang tuli,
bisu, bahasa tutur tidak mucul dengan baik sesudah imitsal tertunda, permainan
simbolik dan citra mental.
Dalam kehidupan sehari-hari kita diharuskan untuk mampu
berkomunikasi dengan orang-orang disekitar kita. maka dari itu kita diharuskan
untuk memiliki kemampuan berbahasa yang baik dan benar. salah satu yang paling
efektif untuk digunakan adalah
berbicara.
B.
Saran
Kita harus senantiasa menanamkan aspek bahasa pada
diri anak didik agar tercipta generasi yang nasionalisme dan cinta tanah air.
Daftar Pustaka
What is the best crypto casino? - DrmCD
BalasHapusMost casinos have excellent crypto games like If 용인 출장마사지 you 구리 출장샵 want to play casino games, there is 거제 출장샵 one game 서귀포 출장안마 with an important theme. Learn more. 영천 출장마사지